Andra Yasha Midori

Tentang aku, kehidupanku, dan orang-orang yang ada di sekitarku.

Sinar Pelangi

Support

Ingat Waktu

Categories

Chat with Andra

Pengikut



Sudah sekian lama saya mencari font Arab yang bagus untuk menulis ayat-ayat al-Qur'an di komputer. Ada banyak font Arab dan telah saya coba satu persatu tapi belum ada yang sreg di hati. Persoalan yang paling sering dialami yakni ketika tanda baca (harakat) tumpang tindih dengan huruf sehingga tidak terbaca dengan jelas. Apalagi kalau ditemui tanda alif badal jadi tidak nyambung.

Alhamdulillah akhirnya saya menemukan font bagus yang selama ini saya idam-idamkan. Dan GRATIS! Diilhami dari kaligrafer Uthman Thaha yang menulis al-Qur'an pada Kerajaan Arab Saudi, dibentuklah font ini. Karena bentuknya Open Type (font berformat OTF), menjadikannya benar-benar seperti menulis Arab dengan tangan. Penempatan harokatnya juga sangat jelas.
Download di sini.

56 comments

  1. Haji Redon  

    Terima kasih Bang Andra atas informasi dan ketersediaannya menyediakan font Arab downloadnya, semoga Allah membalasnya amin.....

  2. Andra Yasha Midori  

    Afwan (sama-sama).

    Saya juga telah memodifikasi font ini untuk keperluan saya sendiri selama bekerja di linux (karena ternyata font ini tidak bisa langsung digunakan di linux). Tapi masih belum berani saya share karena belum mendapat izin dari organisasi yang bersangkutan.

  3. eidha  

    sukran katsiran neh tuk font nya.....

    ikutn DL yah.......... :D

  4. Anonim  

    me_quran.ttf alias midle east quran font juga bagus, bahkan menurut saya lebih manis dan lebih mirip quran timur tengah asli. saya dapat infonya di http://boloplekcd.blogspot.com/2010/01/pegon-jawi-uthmani-midle-east-arabic.html

  5. محمد سهلان رشيدى  

    Tambahan info:
    1. KFGQPC Uthman Taha Naskh memiliki kelemahan antara lain tidak dapat meletakkan fathah berdiri (superscript alef/alif khanjariyah) diatas hamzah yang menumpang pada alif.
    2. me_quran memiliki kelemahan antara lain tidak dapat meletakkan fathah berdiri (superscript alef/alif khanjariyah) pada kata الله dengan tepat.
    3. mry_KacstQurn (pembuat sm dengan me_quran)...font ini tidak bermasalah sebagaimana dua font di atas. Namun tidak dapat menuliskan angka arab. bila digunakan dalam halaman html, angka arab yang disetting dengan font ini akan berubah menjadi kotak.
    4. _PDMS_Saleem_QuranFont, font ini boleh dikatakan sangat sempurna dalam peletakan harakat, tanda2 khusus al-qur'an. Hanya saja bentuk fontnya hampir seperti tulisan tangan atau seperti alquran terbitan dulu.
    5. noorehidayat...pengembangan dari me_quran dan sangat sempurna untuk menulis alquran...hanya saja untuk menuliskannya keyboard harus disetting dengan Urdu layout.
    6. Arabic Typesetting dan Sakkal Majalla. Dua font bawaan MS WIndows Vista dan MS WIndows Seven. Sangat sempurna.Yang pertama bentuknya naskh yang kedua naskh modern (hampir seperti kufi).
    Semoga bermanfaat.

  6. Andra Yasha Midori  

    @eidha : afwan

    @anonim: ya memang me_quran juga bagus, tapi hanya bagus untuk tulisan al-Qur'an dengan bantuan software gratis Zekr (http://zekr.org) dan theme Uthman Taha.
    Akan tetapi untuk tulisan naskh, kurang bagus karena terlalu tebal. Kecuali jika Anda memang ingin huruf yang tebal

    @Muhammad Sahlan Rasyid

    Jazakallah atas infonya. Tanggapan saya,

    Untuk poin nomor 1 dan nomor 2, lihat-lihat dulu Anda menggunakan editor apa. Di Microsoft Word, kedua font ini berjalan dengan sempurna (sejauh ini).
    Untuk font KFGQPC Uthman Taha memang terus berkembang, tapi saya lebih suka yang versi 7 karena sudah terlanjur saya gunakan untuk penulisan e-buku pertama saya.

    Kalau menggunakan OpenOffice.org, kita tidak bisa meletakkan superscript alef dengan bantuan Symbol/Special Character di dalam menu Insert. Kita harus menggunakan bantuan Program lainnya lalu melakukan copy paste ke OpenOffice.org. Saya menggunakan Linux Ubuntu 10.10 (saya lupa nama programnya hehehe...)

    Akan tetapi, ternyata OpenOffice.org tidak/belum bisa membaca font berformat OTF (OpenType). Untuk mengatasinya saya menginstall fork-project dari OpenOffice.org yakni LibreOffice, dan font KFGQPC Uthman Taha berjalan dengan sempurna.

    Superscript Alif tidak dapat ditempati alif superscript karena baik alif maupun hamzah, keduanya dianggap huruf yang terpisah (setelah saya oprek lewat FontForge). Anda bisa laporkan bug ini ke developer.

    Dan saya pikir, rasanya jarang deh ada huruf Arab maupun al-Qur'an yang menempatka superscript alif di atas hamzah yang menumpang pada alif. Sekalipun ada bunyi a panjang, akan dipakai karakter alif dan tanda washl (penulisan modern).

    me_quran sebenarnya punya karakter khusus untuk lafal jalalah (Allah), dan memang karakternya tanpa tasydid dan superscript alef. Tapi selama ini saya menggunakan font tersebut tidak ada masalah, hanya saja saya tidak suka font yang terlalu tebal.

    Justru saya menghindari memakai font KacstQurn karena saya sering mengalami masalah dengan font ini, terutama hal penempatan harakat huruf. Tentang angka-angka arab, mungkin harus di-setting di dalam editornya.

    Untuk poin nomor 4, sebenarnya font ini juga bagus kok, apalagi yang suka dengan gaya-gaya lama.

    Untuk nomor 5, mungkin yang Anda maksud adalh font Noorehira dari noorehidayat. Say pikir, noorehira lebih mendekati PDMS Saleem Quran daripada me_quran. Saya pakai keyboard-layout Arabic Saudi Arabia tidak ada masalah kok, kecuali huruf ya yang tak bertitik.

    Arabic Typesetting juga bagus. Saya juga suka ligature-nya. Tapi masalahnya, setiap kita menggunakan syaddah dan kasrah, pasti diganti dengan karakter harakat kasrah di bawah syaddah.
    Sebenarnya persoalan ini bisa diatasi dengan dimodifikasi menggunakan FontForge, tapi belum saya lakukan. Sebenarnya saya juga mengalami hal yang sama ketika menggunakan font KFGQPC Uthman Thaha tapi karena sudah saya oprek jadi masalah ini teratasi.

    Kalau Sakkal Majalla belum saya coba. Jika dikatakan sangat sempurna saya tidak setuju. Ya alasannya seperti di atas, plus, kalau menggunakan font ini loadingnya agak lama. Mungkin karena terlalu banyak karakter (glyph) di dalamnya. Tapi, anyway, saya belum tahu apakah font ini termasuk free atau proprietary.

    komentar Anda sangat bermanfaat. Terima kasih...

  7. Anonim  

    ko ga nyambung ya huruf arabnya?????

  8. Andra Yasha Midori  

    @Anonim: Mungkin Anda belum meng-enable-kan Windows Anda (jika Anda memakai Windows). Kalau menggunakan Linux seharusnya sudah nyambung hurufnya.

  9. Abdullah  

    Assalamu'alaikum.
    Bagaimana cara mengetik fathah berdiri (superscript alef/alif khanjariyah) ya akhi? Syukron

  10. Fihat  

    Saya menggunakan Quran in word. Pengin saya ganti fonttnya. Saya cenderung menyukai font Uthman Taha Naskh. Pada lafal Allah fathah sdah tegak, tapi setelahnya kok ada tambahan syaddah ya? Gimana NI...? Jazakallah sebelumnya..

  11. Fihat  

    lah... ni saya coba ngtik arab via Corel pake font Uthman Taha Naskh kok kacau. Harakatnya kok malah numpuk pada hurufnya? Apa perlu software lagi? Trmakasih....

  12. Andra Yasha Midori  

    Waalaikumussalam akhi Abdullah dan Fihat

    Untuk pertanyaan Akhi Abdullah, pada setiap program pengolah kata (misalnya OpenOffice atau Ms Word) terdapat fasilitas insert character. Cari saja character ARABIC ALEF SUPERSCRIPT. Tapi tidak semua font menampilkan alif superscript secara baik.

    Untuk akhi Fihat, ya memang ada kendala jika kita mengganti font unicode dari Quran in Word dengan Uthman Thaha versi 7. Akan tetapi versi yang terbaru dari font Uthman Thaha insya Allah sudah bisa digunakan untuk itu.

    Kalau saya masih suka menggunakan versi 7 karena sudah TERLANJUR mengarang buku yang menggunakan font versi 7. Jadi kalau di-upgrade, malah kacau.

    Itulah kelemahan Corel. Tapi meskipun demikian, Corel masih lebih baik daripada XaraXtreme atau Adobe Ilustrator dalam menangani font bidirectional.

    Jika Anda memang ingin menggunakan font Arab dalam desain grafis, saya sarankan menggunakan Inkscape Illustrator. Program open source yang bisa Anda dapatkan gratis, baik untuk Windows maupun Linux. Program desain ini dapat menangani karakter segala bahasa di dunia.

  13. Ahmad Iirfan AW  

    Assalamu'alaikum, Mas, saya suka banget dengan bentuk font Uthman Thaha tapi font tersebut kalau di-enter atau penulisan dua baris spasinya terlalu renggang antara yang atas dengan yang bawah, sehingga dalam pembuatan tulisan dalam kotak, yang kalau pakai font Arial bisa muat dua baris kalau pakai font Uthman Thaha hanya muat satu. bagaimana solusinya ya? agar bisa memenuhi keinginan saya.

    @ untuk yang biasa pakai Qur'an in Word, antum semua bisa ganti menggunakan software Al-Qur'an digital yang Ayat-nya bisa dikopi-paste di Word, selain itu ada terjemahan banyak bahasa. [http://tanzil.net]

  14. Andra Yasha Midori aka Aditya Darmawan  

    Waalaikumussalam akhi Ahmad Irfan. Untuk solusinya, jika Anda menulis di dalam Microsoft Word antum bisa atur spacing-nya di Format > Paragraph > pada Line Spacing antum pilih multiple. Pada kota "at" silakan menyesuaikan. Angka 1 untuk single, 2 untuk double, 1.5 untuk spasi 1.5 dan seterusnya. Dan bisa diatur lebih kecil dari 1 jika perlu.

    Jika di OpenOffice.org bisa ke menu Format > Paragraph > pilih Indent & Spacing > pada Line Spacing pilih Proportional > dan di sebelah kanan atur sesuai persentase. 100% untuk spasi 1, 200% untuk spasi 2, dan seterusnya.

    Untuk penggunaan Quran in Word, tidak perlu diganti juga tidak apa-apa. Karena Quran in Word terbaru sudah menyertakan pilihan "unicode" sehingga kita bisa memilih apakah menggunakan penulisan gaya mushaf madinah (simbol) atau unicode. Dan kita tinggal ubah font nya saja. Akan tetapi, perhatikan penulisan lafal jalalah (nama "Allah") karena bisa berbeda sebab font Uthman Taha versi 7 belum bisa menyesuaikan. Untuk versi yang ke-9 sudah bisa.

    Akan tetapi karena saya terlanjur menyusun buku yang menggunakan font Uthman Taha versi 7, maka saya tidak bisa upgrade font. Lagipula bentuknya sama, hanya bagaimana menulis lafal Allah saja.
    Untuk penggunaan Software

  15. Ahmad Fajar  

    Alhamdulillaah ... font ini sangat bagus dan bermanfaat sekali, setelah lama menggunakan Traditional Arabic ...
    Kayaknya font ini penyempurnaan dari Traditional Arabic yg memiliki beberapa kelemahan yg akhirnya disempurnakan oleh font Utsman Thaha ini ...
    Untuk mengikuti versi updatenya silahkan catat link ini:
    http://fonts.qurancomplex.gov.sa/download/
    Sekarang udah sampe versi 9

  16. Anonim  

    salam
    Sy telah pasang Uthman Taha versi 9 tapi setiap menggunakan syaddah dan kasrah, pasti diganti dengan karakter harakat kasrah di bawah syaddah. Bagaimana cara mengatasinya?
    Trimakasih.

  17. Anonim  

    Assalamu alaikum. Mau tanya, gmn cara memodifikasi huruf Mim agar ekornya tdk memanjang kebawah begitu juga Ha sebagaimana tulisan Al Quran? Wassalam

  18. Arif  

    Assw...
    Cuma mau share saudara-saudara ku, download updatenya aja insyAllah lebih pas,buka link ini;{http://fonts.qurancomplex.gov.sa/} (waktu saya download udah v9), semoga bermanfaat...
    Wass...

  19. Anonim  

    Aghani

    Asslamualikum

    Saya menggunakan KFGQPC Uthman Taha Versi 9
    (Uthman TN1 Ver09.otf) untuk menulis arab, bagus tiada masaalah.

    Untuk tulisan Al-Quran saya gunakan UthmancHasVer08.otf (dengan pengubahsuaian)
    bagus, cantik. spt mushaf madinah

    Untuk modifkasi apa bentuk pun gunakan font creator dari high logic sungguh sungguh canggih.

  20. Hamim el-Rachid  

    Asslamualikum

    Saya menyukai font Arabic Typesetting dan Sakkal Majalla. keduanya memiliki karakter yang lengkap untuk menulis Arab Pegon ataupun Alqur'an. font Arabic Typesetting ver. 5.02 bawaan Win7 utk penulisan kasroh tasydid, harakat kasrohnya sudah terpisah di bawah huruf. tapi ada kelemahan jika menulis lafad "ALLAHUMMA" harakat fathah mad (alif superscript)-nya tidak kelihatan karena mepet dg paragraf atasnya.

    Kalau untuk Sakkal Majalla saya kira sudah lebih dari cukup, hanya saja bentuknya kurang lebih bagus dari Arabic Typesetting.

  21. Muhammad Sahlan Rosyidi  

    Terimakasih atas tanggapannya. Maaf lama tidak berkunjung.
    1. KFGQPC Uthman Taha Naskh sudah saya coba di Microsoft Word 2007 dan 2010, kelemahannya cuma letak fathah berdiri ketika digunakan untuk mengharakati HAMZAH DI ATAS ALIF, selain itu sempurna. Bukan cuma itu, saya pergunakan untuk menulis di wordpress juga atau html biasa.
    2. Arabic Typesetting yang dapat meletakkan kasrah tetap di bawah huruf ketika bersama tasydid adalah versi 5.91 (bawaan MS Win Seven).
    Font lebih baru dari yang diatas baru:
    1. KFGQPC Uthmanic Script HAFS penerbit sama dengan KFGQPC Uthman Taha Naskh. Hanya saja font ini lebih ditujukan untuk menulis Al-Qur'an. Bisa digunakan sebagai alternatif Quran in Word (tersedia file quran lengkap dalam bentuk word)
    2. Amiri. Font ini bertype naskhy dan yang lebih istimewa lisensinya yang opensource dan disediakan juga format untuk websife (sayang belum masuk ke google webfont jadi harus dipasang di hosting sendiri).
    Semoga bermanfaat.

  22. محمد سهلان رشيدى  

    "Dan saya pikir, rasanya jarang deh ada huruf Arab maupun al-Qur'an yang menempatka superscript alif di atas hamzah yang menumpang pada alif. Sekalipun ada bunyi a panjang, akan dipakai karakter alif dan tanda washl (penulisan modern)." Yang saya maksud misalnya ketika menulis kata أله,أخرة, أية ini hamzahnya bukan hamzah washl, tapi hamzah qath'iy. Memang banyak yang menulisnya dengan tanda madd (ٓ).Atau menggunakan fathah berdiri dan hamzahnya dihilangkan diganti dengan alif saja (seperti dalam Quran yang diterbitkan oleh penerbt font norehira). Saya lebih suka menggunakan fathah berdiri karena mengingat tanda madd cenderung digunakan untuk madd lazim atau wajib (yang panjangnya boleh atau wajib lebih dari madd thabi'iy). Dan agar lebih konsisten dengan konsep bahwa alif berdiri ini sebenarnya menandakan adanya alif yang dibuang dalam tulisan dan bahwa hamzahnya itu hamzah qath'iy. Penerbit Qur'an Madinah punya cara sendiri untuk ini, yaitu dengan menulis hamzah berdiri sendiri lalu alif. Ini mungkin sekedar pendapat saya sendiri mengenai penulisan fathah berdiri di atas hamzah di atas alif. Dalam Ilmu Imla' untuk hal ini kebanyakan menggunakan tanda madd (ٓ). Dan Ilmu Imla' sendiri tidak menutup adanya pembaharuan.

  23. Hamim el-Rashid  

    Assalamu'alaikum wr. wb.

    Menurut saya, font tipe naskhi sbg pengganti tradisional arabic (amiri, arabtyps, KFGQPC UTN, dll) itu bagus jika tidak memakai harakat (gundul), tapi jika diberi harakat khususnya alif berdiri itu selalu ada masalah. Mungkin karena font2 tersebut lebih cenderung dibuat untuk penulisan alquran versi madinah tidak seperti alquran standar di indonesia.

    Kebetulan saya sedang menyusun buku ringkasan baca tulis alquran, setelah melakukan eksperimen menulis berbagai lafadh arab dengan mencoba berbagai font, ternyata banyak kelemahan pada font2 tersebut, semisal :
    Lafadh ‘ALAA, ILAAHI (عَلٰى، اِلٰهِ) jika pakai font AMIRI harakat fathah berdiri tidak di atas LAM tapi bergeser di atas huruf depannya.
    Lafadh AL-AAKHIROTI (اَلْأٰخِرَةِ) jika pakai font ARABTYPS harakat fathah berdiri dan hamzah superscripnya bergeser ke LAM (aneh).
    Lafadh ALLAHU (اَللهُ) jika pakai font SAKKAL MAJALLA harakat dhummahnya tidak di atas huruf ha’.
    Lafadh WAMAA ADRAAKA (وَمَا اَدْرٰىكَ) jika pakai font UTSMAN TAHA NASKH huruf alif maqsura (ya’ tanpa titik dua) muncul titiknya.

    Masing-masing font tsb memang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, saya jadi bingung mau pakai font yang mana. Bagi kawan2 yang bisa menggunakan program Font Creator, bisa minta tolong nggak ya mengedit kekurangan font2 Arab tersebut lalu di upload. Terima kasih.

    Wassalam

  24. Anonim  

    saya mau tanya, apa nama font yang dipakai untuk menulis teks al quran software "quran flash tajwed"? sebab font-nya bagus dan mudah dibaca. yang jelas bukan traditional arabic. terima kasih.

  25. Haddar Hasan  

    Re @Anonim Itu tulisan tangan

  26. Anonim  

    re @haddar hasan. terima kasih atas tanggapannya. maaf, kok bisa tahu itu tulisan tangan, apakah saudara juga terlibat dalam pembuatan software "quran flash tahwed" tersebut? kemudian apakah sudah ada font yang tampilannya mendekati atau sama persis dengan tulisan arab (teks al quran) pada software "quran flash tahwed" tersebut? mulai dari bentuk huruf maupun kelengkapan tanda harakat dan lain-lain. mungkin itu dulu. terima kasih.

  27. Haddar Hasan  

    re @Anonim : Quran Flash Tajwid itu hasil scan dari mushaf tajwid terbitan Dar al-Ma'rifah. Mushaf tajwid tersebut memakai tulisan tangan. Saya sudah memeriksa tulisan mushaf tersebut dengan membanding-bandingkan huruf dan tanda2 i'rabnya.

  28. Anonim  

    re @haddar hasan. terima kasih atas jawabannya. maaf, pertanyaan tentang font belum saudara jawab. lalu apakah ada software quran flash tajwed atau sejenisnya serta format lainnya (file .pdf, .doc, dan lain-lain)yang al qur'an-nya versi standard indonesia, sebab ternyata quran flash tajwed yang kita bicarakan itu versi al qur'an madinah, jadi akan kesulitan bagi orang awam untuk membacanya. ditambah lagi tidak adanya fasilitas untuk membuat menjadi satu halaman saja, supaya tulisan al qur'an-nya bisa menjadi lebih besar, sebab kalau 2 halaman otomatis tulisan al qur'an-nya agak kecil, jadi kalau membaca harus agak dekat ke monitor/layar. mungkin itu dulu. terima kasih.

  29. zein  

    Ya kheir blog... jazakallah kheir
    ane punya percetakan tulis menulis arabic selama ini puas dengan font traditional untuk buku standart, dan PDMS Saleem Quran untuk orang2 tua yg suka khot besar dan tebal, dan qurannya ambil dari khot utsmasni software quran in world.
    Alhamdulillah. disini ane dapat banyak ilmu tambahan pihlihan font2 lain yg layak dicoba .
    Trimakasih semuanya tuk share ilmu per-font-arabic-an

  30. zein  

    setelah ane coba font2 baru di atas ternyata yg paling cocok (buat ane) adalah UTSMAN TAHA NASKH pilihan untuk khot tipis yg mirip utsmani

  31. Anonim  

    Abdul Ghani

    Saya juga menggunakan Taha Naskh / Taha Naskh Hafs
    untuk tulisan biasa dan Ayat2 Al-Quran. Amat Bagus,
    Baru2 ini ada satu lagi font naskh iaitu Naskh Zuhair Albazi ini nampak lagi hebat dan canggih, tetapi tidak gratis.

    Search: Naskh Zuhair Albazi.

    Salam

  32. fahrurozi ozi  

    Assalamu'alaikum semua ...
    wah rame banget . . .
    Q juga suka font utsman taha nya . . . tapi sayang gak selengkap arabic typ . . .
    :)

  33. lafia rahman  

    tks bro

  34. M. S. Rosyidi  

    Naskh Zuhair Albazi kalau dilihat dari brosur promosinya sangat bagus dan lengkap.
    http://www.typophile.com/node/98226

    Tapi ada harganya...

    http://www.typophile.com/node/56754#comment-341446

  35. Anonim  

    We are a gagglе of volunteегѕ аnd stагting a brand nеw
    schеme in οur community. Yоur webѕitе offereԁ uѕ with helpful info to woгk
    οn. Үou havе performеd a
    formiԁable tasκ and our whole neighboгhood can be grаteful to you.
    my website > just click the up coming web site

  36. Anonim  

    I dοn't know if it'ѕ juѕt me οr іf perhapѕ everybody else enсounterіng problеmѕ with
    yοur wеbѕitе. It seems lіke
    somе of the ωritten teхt on your соntent are running
    off thе ѕcrеen. Cаn someone еlse plеase ρroviԁe feeԁback and let
    mе know if thiѕ iѕ haρpening to them
    aѕ well? Τhiѕ might be a problem wіth mу broωѕer
    bеcausе I've had this happen previously. Appreciate it

    Feel free to surf to my site ... gohotrod.com

  37. Anonim  

    Hellο ӏ am so glad I found yоur wеblog, I really
    found you bу accident, while I ωas reseаrching on Yahоο for something еlsе, Regardless
    I am here now аnd ωould just like to ѕay thanκs for
    a іncredible ρost and a all гound enteгtaіning blog (I аlso
    lovе the theme/desіgn), I don't have time to browse it all at the minute but I have saved it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the great job.

    my web blog :: www.sfgate.com

  38. Anonim  

    What i do not underѕtood is іn fact how you're now not really a lot more smartly-liked than you may be right now. You are very intelligent. You already know thus significantly in terms of this topic, produced me in my opinion imagine it from numerous varied angles. Its like men and women are not fascinated until it is one thing to accomplish with Lady gaga! Your individual stuffs excellent. All the time maintain it up!

    Feel free to surf to my site - carrotorange.skybookmarks.com

  39. Anonim  

    Hi therе! Ӏ just wіsh to give уou a big thumbs up
    for thе great infо you've got here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

    Here is my blog post www.sfgate.com

  40. Anonim  

    Hi there! I juѕt wish to give you a big thumbs up
    fоr the gгeat info уou've got here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

    Here is my weblog :: www.sfgate.com
    Also see my site: Www.celebritybookzstar.com

  41. Anonim  

    Thankfulness to mу fatheг who tοld me аbout this weblog, this weblog is truly гemarκable.


    my web-sitе: http://queeridol.com/blogs/entry/Make-Big-Savings-And-V2-Ecig

  42. Anonim  

    Spot on with this writе-up, ӏ actuallу bеlіeve this sіtе needs fаг morе attention.
    ӏ'll probably be returning to see more, thanks for the info!

    Also visit my web-site :: http://www.cybershimla.com/175554/why-do-you-acquire-weight-when-cease-smoking

  43. Anonim  

    Ass.. ijin bertanya termasuk pengguna UTSMAN TAHA NASKH. Tapi ada masalah buat saya pada saat diprint ke PDF, tulisannya jadi ancur berantakan. Mohon pencerahan buat masalah saya???.
    Sukron. Hary-bekasi

  44. Anonim  

    Hi there, I ԁiscoverеd yοur website bу means
    of Google whіlst looking for a similar topіc, your site
    came up, it seems tо bе good. I have bookmarkeԁ it in my goοglе bookmarks.

    Hі therе, simply become аwarе of youг blog ѵiа
    Google, and fοund that it's truly informative. I am going to watch out for brussels. I will be grateful if you proceed this in future. Many people will be benefited from your writing. Cheers!

    Feel free to visit my web page: Http://Wiki.Dsmu.Edu.Ua/Index.Php?Title=Участник:BarbraSing

  45. Anonim  

    I love уour blog.. ѵery nice colors & theme. Dіԁ you design this ωebsite yоuгself or did уоu hire ѕomeone to dο it for
    you? Ρlz reply аs I'm looking to design my own blog and would like to know where u got this from. kudos

    My blog post ... silkn sensepil

  46. Anonim  

    Ηi to eveгу body, it's my first pay a visit of this webpage; this webpage carries remarkable and genuinely fine information in support of readers.

    Also visit my webpage: http://www.gabbitt.com/index.php?do=/profile-1672/info
    Also see my site :: Click Through The Following Web Site

  47. Anonim  

    Τhanks for thе good ωriteup. It aсtually wаѕ
    once a enjoymеnt аccount it. Look comρlicаted to more introducеd
    agreeable fгοm yоu! Ηoωevеr, hοw
    could we communicate?

    Look at my ѕite; mouse click for source

  48. Anonim  

    Μagnificent beat ! I ωould like tο apρrеntice аt thе same tіme as you amеnd your web
    site, how cаn i subscribe for a blog web site? The account aided me a aρproprіate deal.
    I had been tіny bit acquainted of this your broadcast provideԁ vibrant clear idea

    my ωеb-sitе v2 cigs reviews

  49. Anonim  

    Peculiаr article, exaсtly what I needed.

    Feel free to surf to my blog рoѕt :: sfgate.com - sfgate.com

  50. Anonim  

    Hеllo, I enjoy reaԁing all οf your article post.
    Ι like to write a little commеnt to supρort you.


    Herе is mу ωеb pаgе; Full Content

  51. Anonim  

    Howdy! Do you κnow if they makе anу plugіnѕ to protect agаinst hackeгs?
    І'm kinda paranoid about losing everything I've worked harԁ οn.
    Any гeсommеndations?

    my web pagе: 匿名

  52. Anonim  

    I've had my Green smoke for 5 months now and my own battery remains going robust! Thanks

    Feel free to visit my web blog green smoke review

  53. Anonim  

    Heуa are using Worԁρress for уour blоg plаtfoгm?
    Ӏ'm new to the blog world but I'm trying to gеt
    stаrtеԁ anԁ ѕet up mу own.
    Do you neеd any html сoԁing knowlеԁgе to mаkе your own blоg?
    Any help ωοuld be гeally appreciаted!



    Feеl fгeе to visit my blog pоst Continuing

  54. Anonim  

    I like it ωhen individuals get together аnd ѕhaгe viewѕ.
    Great websitе, stіck with it!

    Неre is my wеb pagе: sfgate.com

  55. Larjas  

    Syukron gan... Jazakumulloh khoirol jaza...

  56. Anonim  

    Asskum yaa akhi, afwan ada yg ingin ane tanyakan kpda juragan2 semua. Ane sedang mengedit sebuah buku yg disertakan dngan tulisan Arabic, menggunakan software adobe illustrator. Sebagian font missing tapi ane sudah download bbrapa Arabic font dan sudh tdk missing font lg. Permslahannya kenapa font arab trsbut malah jd brantakan? yg sharusnya tulisan arab berawal dr kanan ke kiri, namun ini sebaliknya dr kiri ke kanan layaknya sperti membaca dngan tulisan sperti ini. Gimna caranya agar huruf arab trsbut bsa dibaca dr kanan ke kiri? mohon pencerahannya juragan, syukron.
    wasslam.

Poskan Komentar

MKBIKSaBI

MKBIKSaBI
[download e-buku eksklusif gratis] Mengoreksi Kebenaran: Bagaimana Islam dan Kristen Saling Berbagi Iman?

Sapa

As-salaamu 'alaikum wa-rahmatu l-Laahi wa-barakaatuhu

Andra Yasha Midori a.k.a Aditya Darmawan, seorang pemuda asal Sidoarjo yang lahir 23 tahun silam. Ia bukan ulama, kyai, atau bahkan penginjil. Ia belajar dari para ulama dan Kristolog, serta belajar dari pengalaman. Jadi, ia adalah praktisioner yang telah berpengalaman dalam bidang hubungan Islam dan Kristen.

Pada bulan Maret 2011 buku pertama telah terbit "Mengoreksi Kebenaran: Bagaimana Islam dan Kristen Saling Berbagi Iman?" adalah karya fenomenal karena (jika tidak satu-satunya) adalah salah satu buku yang membahasa hubungan Islam dan Kristen di Indonesia, sebuah tema yang krusial, namun tanpa ada kata-kata cacian-makian.

Memang, berdakwah secara santun adalah mottonya. Sebagaimana firman Allah, "Serulah mereka kepada jalan Rabb-mu dengan kebijaksanaan dan contoh yang baik. Dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabb-mu lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya, dan Dia mengetahui siapa yang memperoleh petunjuk" (an-Nahl: 125)

Selamat datang di blog saya. Semoga dapat memberi manfaat buat kita semua. Kritik dan saran silakan disampaikan demi kesempurnaan blog ini lebih lanjut.

Menerima undangan diskusi, seminar, dan debat santun untuk hal Kristologi, Islamologi, dan Perbandingan Agama.

Andra Yasha Midori a.k.a Aditya Darmawan
(Penulis buku "Mengoreksi Kebenaran: Bagaimana Islam dan Kristen Saling Berbagi Iman?")
HP : 081 356 432 091
Flexi : (031) 81506804
Email : addaraquthny@gmail.com

SMS Gratis

Chat with Atti

Kotak Suara

Free Shoutbox by ShoutCamp

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Statistik

Telah dilirik
Free Counter
Free Counter